Pendaftaran Asisten (Semester Genap 2019/2020)

Sehubungan dengan kebutuhan asisten praktikum mata kuliah semester genap tahun 2019-2020, dengan ini diberitahukan kepada seluruh mahasiswa/i Program Studi Teknik Geomatika bahwa bagi mahasiswa/i program studi Teknik Geomatika yang berminat menjadi asisten praktikum mata kuliah dan memenuhi kualifikasi dapat segera mengisi form pendaftaran di tautan https://tinyurl.com/OprecAsistenGT kualifikasi umum adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa yang terdaftar aktif di prodi Teknik Geomatika
  2. Jujur dan Bertanggung Jawab

Ditutup 30 Januari 2020

 

Mata kuliah pengantar surveying (Sipil)
Kualifikasi khusus :
Pemetaan Dasar minimal B, Survey Konstruksi minimal B
Jumlah kebutuhan asisten :
2
Deskripsi kerja asisten :
Asisten Mata Kuliah Pengantar Surveying Sipil akan membantu dalam pembuatan modul dan panduan Praktikum, mengawasi dan melakukan briefing dari setiap Praktikum yang dilaksanakan. Memberikan penjelasan terkait berbagai peralatan pemetaan yang dimiliki teknik geomatika. Menjelaskan proses pembuatan garis kontur secara manual dan otomatis. Menjelaskan teori dan praktik pemetaan terestris di lapangan. Melakukan koordinasi dengan asprak mata kuliah pemetaan terestris dan survei konstruksi. 
Membuat laporan evaluasi kegiatan praktikum yang sudah dilaksanakan setiap minggu ke laboratorium Geomatika. Selain itu, Asisten akan melakukan penilaian dari kehadiran dan substansi dari laporan terhadap Praktikum yang dilaksanakan.

 

Mata kuliah pengantar surveying (Geofisika)
Kualifikasi khusus :
Pemetaan Posisi minimal B, Survey Konstruksi minimal B
Jumlah kebutuhan asisten :
2
Deskripsi kerja asisten :
Asisten Mata Kuliah Pengantar Surveying Geofisika akan membantu dalam pembuatan modul dan panduan Praktikum, mengawasi dan melakukan briefing dari setiap Praktikum yang dilaksanakan. Memberikan penjelasan terkait berbagai peralatan pemetaan yang dimiliki teknik geomatika. Menjelaskan proses pembuatan garis kontur secara manual dan otomatis. Menjelaskan teori dan praktik pemetaan terestris di lapangan. Melakukan koordinasi dengan asprak mata kuliah pemetaan terestris dan survei konstruksi. Membuat laporan evaluasi kegiatan praktikum yang sudah dilaksanakan setiap minggu ke laboratorium Geomatika. Selain itu, Asisten akan melakukan penilaian dari kehadiran dan substansi dari laporan terhadap Praktikum yang dilaksanakan.

 

Mata kuliah Pemetaan Terestris
Kualifikasi khusus :
Pemetaan Dasar minimal AB. Mampu mengikuti instruksi Dosen Pengampu dan Asisten akademik, Memiliki Publik Speaking yang baik, Memiliki kemauan tinggi untuk belajar, Jujur, Rajin, dan Bertanggung Jawab.
Jumlah kebutuhan asisten :
4
Deskripsi kerja asisten :
Mampu menjadi fasilitator peserta praktikum dalam melaksanakan setiap project. Melaksanakan asistensi pada setiap persiapan atau pelaksanaan project. Menyiapkan kebutuhan persiapan project di kelas maupun di lapangan. Membuat laporan evaluasi kegiatan praktikum yang sudah dilaksanakan setiap minggu ke laboratorium Geomatika. Selain itu, Asisten akan melakukan penilaian dari kehadiran dan substansi dari laporan terhadap Praktikum yang dilaksanakan. 

 

Mata kuliah Basis Data Spasial
Kualifikasi khusus :
Basis Data Spasial dan Sistem Informasi Geografis minimal B. Mampu mengikuti instruksi Dosen Pengampu dan Asisten akademik, Memiliki Publik Speaking yang baik, Memiliki kemauan tinggi untuk belajar, Jujur, Rajin, dan Bertanggung Jawab.
Jumlah kebutuhan asisten :
6
Deskripsi kerja asisten :
Memberikan penjelasan terkait SOP penggunaan Lab. MM. Menjelaskan proses manajemen Basis Data. Menyusun Modul Praktikum. Melakukan koordinasi dengan asprak mata kuliah lain dalam penggunaan Lab. MM. Membuat laporan evaluasi kegiatan praktikum yang sudah dilaksanakan setiap minggu ke laboratorium Geomatika. Selain itu, Asisten akan melakukan penilaian dari kehadiran dan substansi dari laporan terhadap Praktikum yang dilaksanakan. 

 

Mata kuliah Fotogrametri Lanjut
Kualifikasi khusus :
Lulus Foto I dan foto II (Min nilai tiap mata kuliah B)
Jumlah kebutuhan asisten :
4
Deskripsi kerja asisten :
Memandu pelaksanaan akuisisi foto udara dengan drone. Memandu pelaksanaan akuisisi GCP dan ICP dengan GNSS. Memandu pengolahan foto udara menggunakan perangkat lunak Agisoft. Memandu pembuatan layout peta ortofoto dan peta garis. Membantu keseluruhan jalannya praktikum. Menilai hasil praktikum. Membuat laporan evaluasi kegiatan praktikum yang sudah dilaksanakan setiap minggu ke laboratorium Geomatika. 

 

Mata kuliah Komputasi Geodesi
Kualifikasi khusus :
Lulus Komputasi Geodesi dan bersemangat
Jumlah kebutuhan asisten :
2
Deskripsi kerja asisten :
Memandu Praktikum, Menilai proses dan hasil praktikum, Membuat laporan evaluasi kegiatan praktikum yang sudah dilaksanakan setiap minggu ke laboratorium Geomatika. 

 

Mata kuliah Geografi Lingkungan
Kualifikasi khusus :
Geografi Lingkungan B, Siap berkerja dibawah tekanan
Jumlah kebutuhan asisten :
8
Deskripsi kerja asisten :
Menyusun Proposal, Administrasi, Perizinan, Transportasi, Koreksi Laporan, Asistensi lapangan, Asistensi Kelas, Survei Lapangan, Membuat laporan evaluasi kegiatan praktikum yang sudah dilaksanakan setiap minggu ke laboratorium Geomatika. 

 

Mata kuliah Kadaster Multiguna
Kualifikasi khusus :
Kadaster Multiguna minimal B, Siap berkerja dibawah tekanan
Jumlah kebutuhan asisten :
2
Deskripsi kerja asisten :
Asistensi lapangan, Asistensi Kelas, Survei Lapangan, Membuat laporan evaluasi kegiatan praktikum yang sudah dilaksanakan setiap minggu ke laboratorium Geomatika. 

 

Mata kuliah Survei Konstruksi
Kualifikasi khusus :
Survei Konstruksi Minimal B, Tepat Waktu dan Profesional
Jumlah kebutuhan asisten :
3
Deskripsi kerja asisten :
Membantu dalam proses persiapan modul praktikum stake out dan pelatihan AutoCAD dasar. Selain itu, asisten juga mengawasi jalannya praktikum-praktikum tersebut dan memberi asistensi kepada mahasiswa yang memiliki pertanyaan mengenai praktikum tersebut. Menilai proses dan hasil praktikum. Membuat laporan evaluasi kegiatan praktikum yang sudah dilaksanakan setiap minggu ke laboratorium Geomatika. 

 

Mata kuliah Hidrografi II
Kualifikasi khusus :
Hidrografi II minimal B
Jumlah kebutuhan asisten :
8
Deskripsi kerja asisten :
Mendampingi lapangan dan pertemuan praktikum, Membuat modul, Membantu penilaian lapangan dan laporan, Mencatat kehadiran, Membuat laporan evaluasi kegiatan praktikum yang sudah dilaksanakan setiap minggu ke laboratorium Geomatika. 

 

Mata kuliah Geodesi Satelit
Kualifikasi khusus :
Geodesi Satelit minimal B, Survei GNSS minimal B
Jumlah kebutuhan asisten :
2
Deskripsi kerja asisten :
Membantu dalam pembuatan modul dan panduan Praktikum. Mengawasi dan melakukan briefing dari setiap Praktikum yang dilaksanakan. Memberikan penjelasan terkait aplikasi Matlab. Melakukan koordinasi dengan asprak Komputasu Geodesi. Membuat laporan evaluasi kegiatan praktikum yang sudah dilaksanakan setiap bulan ke laboratorium Geomatika.  Melakukan penilaian dari kehadiran dan substansi dari laporan terhadap Praktikum yang dilaksanakan. Membuat laporan evaluasi kegiatan praktikum yang sudah dilaksanakan setiap minggu ke laboratorium Geomatika. 

 

Mata kuliah Kemah Kerja
Kualifikasi khusus :
Survei Konstruksi Minimal B, Lulus pada Mata Kuliah Kemah Kerja. Jujur, Rajin, Bertanggung Jawab, dan Profesional
Jumlah kebutuhan asisten :
10
Deskripsi kerja asisten :
Asisten Mata Kuliah Kemah Kerja akan membantu peserta dalam membuat Timeline, KAK serta RAB. Mengawasi dan melakukan briefing dari pada Pra-Kemker, Pelaksanaan Kemker dan Responsi. Memberikan penjelasan terkait berbagai peralatan pemetaan yang dimiliki teknik geomatika dan Mengatur peminjaman alat selama pelaksanaan. Melakukan koordinasi dengan setiap kelompok peserta Kemker. Membuat laporan evaluasi kegiatan praktikum yang sudah dilaksanakan setiap minggu ke laboratorium Geomatika. Selain itu, Asisten akan melakukan penilaian dari kehadiran, pelaksanaan dan substansi laporan/ekspose.

35302cookie-checkPendaftaran Asisten (Semester Genap 2019/2020)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *